Sunday, January 08, 2012

[Nyampah Dulu hehe] Jadi Dosen itu Nyantai? Ooooh..Anda Tidak Tahu Saja..

Sering sekali ketika saya bertemu temen lama, dan mereka menanyakan saya sekarang ngapain sepulangnya ke Indo, reaksi mereka adalah kaget saya jadi dosen dan yang kedua adalah respon mereka selanjutnya adalah "ooh, nyantai dong jadi dosen.."

Ndenger kalimat seperti rasanya bikin panas. Mereka nggak tahu aja bagaimana dan apa yang terjadi di belakang layar. Nih ya, saya ceritain, bagi saya, kalau mau ngajar ya saya berusaha juga menyiapkan yang terbaik. Pertama, bikin slidenya. Bikin slide bukan hal yang mudah. Awalnya, saya biasanya perkirakan harus buat berapa slide disesuaikan dengan waktu di kelas. Lalu setelah itu menentukan pokok-pokok penting apa yang harus disampaikan ke mahasiswa. Setelah itu harus menentukan di slide mana saya harus agak detail menjelaskan/menuntun mahasiswa, di slide mana saya bisa bergerak lebih cepat. Lalu di slide mana saya bisa ngecek pengertian mahasiswa, apakah mereka lost, apakah mereka masih mengikuti. Kalau konsepnya lom nyampe berarti harus saya ulang lagi. Setelah itu mikirin analogi atau contoh2 yang mudah dimengerti untuk materi yng rada susah, dan juga mikir kira2 joke apa yang bisa dikeluarin terus ditaruh di slide yang mana. Paling enak jokenya kalo pas materi OOP, dan di kelas ada yang berpacaran, hampir pasti jadi sasaran.. Ya iyalah, fasilkom+fasilkom ntar anaknya ga inherit sifat baru donggg. Lalu masa pas pacaran di Margo City ngobrol, "Yang, line X kok error ya.." Gak-gak, itu cuma bercanda, maksud saya sih selagi muda ya bergaul gitu, bukan cuma di Fasilkom saja..jangan ngendon di Lab aja..(jangan seperti saya, akibatnya ya gini ini) Coba aja liat bedanya, pergi ke FISIP lihat suasananya, kadang2 mereka bergerombol, maen gitar bareng, nyanyi2, KETAWA BARENG2. Kalau ke Fasilkom, biasanya loh yaa, buka tas...keluarin laptop...buka laptop...pakai earphone..kemudian liat monitor...ketik2..dan lama2....KETAWA2 SENDIRI. Maap2, bercanda :D tp ada benernya kaaaan.

Oke, tadi tentang slide ya, selanjutnya pas delivery alias ngajar. Nah ini menantang sekalee, karakteristik setiap mahasiswa beda-beda, ada yng daya tangkapnya luar biasa, ada yng lebih membutuhkan waktu untuk mencerna. Nah ini, yang dilema.. Ngajar cepat, ada yng ketinggalan. Ngajar lambat ada yng bosen. Nah lo! Jadinya sih pasti ada saat2 bosen, ada saat2 ketinggalan. Kemudian kadang2 ketika ngajar, sedikit banyak itu dipengaruhi juga pertanyaan dari mahasiswa. Yang kadang2 mengakibatkan alur ngajar jadi melenceng..ceng..ceng dari skenario semula. Kalau yang ini memang tidak bisa dihindari.

Tentang mbuat quiz/ujian, suatu saat ada temen yang nanya (bukan dosen), "Lg ngapain Sam?", "Mbuat soal, bingung nih". Dia bilang, ngapain bingung2 pakai saja soal tahun lalu. Hmmm, saya sih bener2 ingin menghindari tipe soal yang sama dengan tahun2 yang lalu. Yaa ga suka aja, mahasiswanya jadi ngapal soal doang. Yang quiz kemaren saya buat berbeda banget sih, jadi pokoknya ada misi2-nya, tiap2 kelompok punya misi yang berbeda. Pokoknya akhir2nya saya buat mereka keliling kampus foto2 dengan grupnya (hayo bingung gak hehehe). Dan untuk membuat quiz ini juga effort-nya guede buanget, pas libur Natal malah mikir quiz... Quiz ini terinspirasi dari seorang dosen di Cargenie Mellon University. Moga2 taon depan bisa dibikin lebih seru. Quiz-nya berkelompok sih yang ini, harapannya sih agar mereka bisa bekerjasama, kan dari tugas/quiz dll ga ada yng berkelompok, isinya individual semua.

Okeh, itu tentang ngajar ya. Sekarang tentang riset. Nah ini sebenernya yang saya kejar. Tapi ya ampun, ngajar saja effort-nya udah gede kan. Kalau mau riset, harus baca paper buanyaks, mikirin ide yang belom terpikir oleh orang lain dll. Kalau saya mau niat riset, bisa dibilang, habis deh weekend saya. Totally no life. Soalnya Senin-Jumat udah sibuk ngajar.

Okeh, lalu sekarang tentang ngoreksi. Ngoreksi itu butuh waktu lamaaaaa. Mood juga ngaruh pas ngoreksi. Kalo mood udah jelek biasanya saya stop ngoreksi, ya soalnya ntar ngaruh ke nasib orang. Lalu ngoreksi kadang2 saya butuh 2 iterasi ya kalo2 ada poin yng salah dll. Nentuin nilai yang pantas dll.

Lalu, jadi dosen itu harus sabaaaaar...sabaaaaar... Kadang2 kita merasa sudah menjelaskan dengan baik, tapi teteeeep aja ada yng salah pas ujian.. Itu kadang2 bikin guemes mes mes mess. Saya jadi pengen njedukin kepala saya ke tembok...

Gimana2? Masi mikir jadi dosen itu nyantai ? Gak kaaan. Ya bisa aja sih saya nyantai-nyantai, tapi ya saya kan harus bertanggung jawab. Kalau saya nyantai mau jadi apa mahasiswanya? Mau dibawa kemana mahasiswa saya? (Kayak lagu-nya Armada)

Mungkin bottom line-nya, jadi dosen itu jam kerja lebih fleksibel..namun kalau masalah nyantai, hmm kayaknya enggak. Ini adalah sesuatu yang serius! (#lebaydikit).

5 comments:

Anonymous said...

Benar tuh pak jadi dosen tidak bisa dibilang santai, but I think so far you're doing great :)
~ Sincerely, one of your student ~

Anonymous said...

Kalo gtu jadi panitia ICACSIS aja sam.. :P

Anonymous said...

Semoga tetap kekeuh dan ga setengah2 ngajar ya Pak hehehe :)

peny said...

hehehe...bagus niy tulisannya. Bacanya sambil ngebayangin ekspresi lo yang kesel and gak terima kalau dosen itu dibilang "nyantai"...#ngetiksambilngomel2 and jedot2in pala# hahaa jadi luchu.
Dan yang menarik : ke FISIP ketawa bareng2, pas ke Fasilkom ketawa sendiri2 hahaha...jangan2 lo juga di ruangan ketawa2 sendiri pas buka laptop dan bikin soal ujian ya Sam. Hehee kidding ;)
Anyway asyik koq tulisannya.

fay said...

Sedang galau mutusin lanjut jadi dosen apa ngga, eh nemu blog ini....

well, semua ketidak enakan emg bener... but somehow thats what makes a dosen :D


Nice post :)