Friday, September 16, 2011

Kenangan

Pada hari ini di UI diselenggarakan wisuda di tingkat universitas. Melihat mahasiswa-mahasiswa yang baru saja diwisuda, tiba-tiba jadi teringat waktu wisuda di ITB dulu (S1). Pas S2 di Belanda emang sengaja gak ikut, malah liburan ke Indonesia sebelom mulai kerja disana, jadi gak ada memori apa-apa ttg wisuda S2.

Waktu di ITB, wisudanya tentu saja diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), gedung yang sama ketika saya diterima sebagai mahasiswa baru tahun 2001. Acaranya meriah dan sekaligus membosankan, harus nunggu giliran dipanggil buat salaman sama rektor. Yah waktu dipanggil namanya, ada rasa bangga juga waktu itu, "Samuel Louvan lulus dengan predikat Cum Laude" (walau cum laude ga ada gunanya jg sih kecuali buat lolos seleksi CV pas nyari kerja hahaha :P ). Dan pada hari itu juga, 13501026 sudah tinggal nama :D.

Disamping perasaan bahagia, puas, lega dan emosi-emosi positif laennya ya ada juga yang membuat sedih. Yah, karena hanya mama saya saja yang dapat menghadiri wisuda karena papa sudah dipanggil Yang Di Atas. Sedih karena saya tidak dapat berbagi kebahagiaan dengan beliau. Ketika saya melihat teman-teman saya didampingi oleh orangtuanya yang lengkap, saya menjadi lebih sedih. Apalagi ketika penerimaan mahasiswa, Papa yang mendampingi di Sabuga. Dulu ada fotonya sih pas dia masuk Sabuga, tapi nggak tau sekarang sudah dimana foto itu.

Kenapa memori Papa saya itu begitu melekat dengan pengalaman hidup saya di ITB, yah karena dia sudah luar biasa banget mendukung saya. Pertama-tama kuliah disana sangat tidak mudah bagi saya. Berat. Jauh dari keluarga, bertemu anak-anak lain yang luar biasa hebatnya yng membuat minder. Apalagi waktu dulu di IF ITB, jadi mikir buset ini 80 anak lainnya kok jago2 semua. Papa saya kadang-kadang subuh udah ngetok kamar kos saya, dia langsung datang dari Salatiga, lalu tinggal 1-2 hari yah dengan maksud menyemangati saya. Sungguh saya berutang pada Papa saya, dan tidak ada cara sama sekali untuk membayar utang tersebut. Saya cuma bisa bersyukur kepada Tuhan karena saya sudah mendapat Papa seperti dia.

Yah sekian dulu deh, hahaha..malah jadi ga mood nulis lagi. Ahayyyy

Salam Ganesha! Bakti kami untukmu Tuhan, Bangsa, dan Almamater. Merdeka!


1 comment:

Mpuz said...

Jadi ini toh... aku mengerti... dan baris terakhir posting ini membuatku sedikit emosional juga hehehe... Salam Ganesha! Bakti kami untukmu, Tuhan, bangsa dan almamater... Merdeka! :)