Thursday, September 22, 2011

Keramahan

Lebih ramah mana orang Belanda atau orang Indonesia ? Kalau masalah individualis sih, menurut saya orang Belanda lebih individualis. Tapi kalau masalah keramahan, kadang saya merasa orang Belanda lebih ramah.

Merujuk pada apa yang saya alami dulu di Belanda, kalau misalnya kita ke supermarket terus bayar di kasir. Pasti kasirnya bilang terima kasih, lalu have a nice day/ have a nice weekend etc. Pas pertama diperlakukan seperti itu rasanya aneh bagi saya. Dengan kata lain di Indonesia tidak terbiasa diperlakukan seperti itu.

Yang paling kentara lagi kalau di kampus, misalnya kita kerja di suatu building gitu terus kita agak sering ketemu seseorang yng sama walau kita tidak kenal sama sekali. Atau seseorang yng sering sama-sama di lift. Kadang-kadang mereka duluan yang nyapa "Hi". Begitu sebaliknya, kalau kita "nekat" nyapa pasti akan dibales. Kalau di Indo rasanya hal semacam itu aneh. Gak kenal kok ngapain nyapa.

Saat ini yang paling menyebalkan bagi saya adalah ojek. Terlepas bagaimana kerasnya hidup yang mereka alami, harusnya mereka menempatkan customer sebagai raja dong. Kalau dikasih uang pas kita bayar aja, jarang bilang terima kasih. Kalau duit yang dikasih gak cukup, ngomel-ngomel. Nyebelinlah. Kalau ada ojek yang membaca tulisan ini, maaf ya.

No comments: